Minggu, 25 Maret 2018

Ultrasonografi (USG)

 Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obsterik biasa digunakan ketika masa kehamilan. Pilihan frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan kedalam tubuh pasien.

Sedangkan dalam fisika istilah suara ultra termasuk ke seluruh energi akustik dengan sebuah frekuensi di atas pendengaran manusia (20.000 Heartz), penggunaan umumnya dalam penggambaran medis melibatkan sekelompok frekuensi yang ratusan kali lebih tinggi.

Ultrasonografi (USG) 4 dimensi adalah alat diagnostik non invasif menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi di atas 20.000 Heartz ( >20 kiloheartz) untuk menghasilkan gambaran struktur organ di dalam tubuh. 1 manusia dapat mendengar gelombang suara 20-20.000 heartz. 1 Gelombang suara antara 2,5 sampai dengan 14 kiloheartz digubakan untuk diagnostik. Gelomabang suara dikirim melalui suatu alat yang disebut transducer atau probe.

Obyek di dalam tubuh akan memantulkan kembali gelombang suara yang kemudian akan ditangkap oleh sensor, gelombang pantul tersebut akan direkam, dianalisis dan ditayangkan di layar. Daerah yang tercakup tergantung dari rancangan alatnya. 1,2 Ultrasonografi yang terbaru dapat menayangkan suatu obyek dengan gambaran tiga dimensi, empat dimensi, dan berwarna.

Ultrasonografi 4 dimensi merupakan sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk pencitraan organ internal dan otot, ukuran meereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obstetrik biasa digunakan ketika masa kehamilan. Ultrasonografi tidak menggunakan radiasi. Pemeriksaan ini bersifat non-invasif, tidak menimbulkan rasa sakit pada penderita,.dapat dilakukan dengan cepat, aman dan data yang diperoleh mempunyai nilai diagnostik yang tinggi.

Tak ada kontra indikasinya, karena pemeriksaan ini sama sekali tidak akan memperburuk penyakit penderita. Dalam 20 tahun terakhir ini, diagnostik ultrasonik berkembang dengan pesatnya, sehingga saat ini USG mempunyai peranan penting untuk menentukan perkembangan dan kemajuan teknologi, USG mengalami perkembangan yang awal mula dikenal USG 2 dimensi, kini ada USG 3 dan 4 Dimensi.

0 komentar:

Posting Komentar

PEMANTULAN CAHAYA

Pemantulan Cahaya Hukum pemantulan cahaya dikemukakan oleh W. Snellius, menurutnya apabila seberkas cahaya mengenai permukaan bidang...